Materi 1

Kesiapan Menjadi Orangtua

Apa Peran Orangtua?

Meskipun seharusnya yang bertanggung jawab merawat
dan mengasuh anak usia 6-10 tahun ini adalah orangtua
kandung, namun mungkin tidak semua anak beruntung
mendapatkannya. Sehinggga perlu di perkuat agar siapapun yang mendapat tugas merawat anak usia 6-10 tahun ini seharusnya dapat memberikan pengasuhan yang benar karena anak di usia ini masih membutuhkan kasih sayang dan bimbingan yang baik untuk perkembangan selanjutnya.

Oleh karena itu orangtua yang dimaksud disini bukan hanya orangtua kandung yang melahirkan langsung, tetapi juga :

– Orangtua angkat yang mengadopsi atau mengangkat anak
– Orangtua asuh, yaitu yang mengasuh dan merawat anak
– Orangtua wali, yang mewakili/dititipi anak

Apa tanggung jawab orangtua pada anak?

Sebagai orangtua yang baik, selain perlu menjalankan  yang disebutkan diatas, juga mempunyai tanggung
jawab untuk memenuhi :

1. Hak-hak anak, Sesuai dengan UU RI No 35 tahun 2014 tentang Perlindungan anak:

a. Setiap anak berhak untuk hidup, tumbuh, berkembang, danberpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi (Pasal 4).

b. Setiap anak berhak atas suatu nama sebagai identitas diri dan status kewarganegaraan (Pasal 5)

c. Setiap anak berhak untuk beribadah menurut agamanya, berpikir, dan berekspresi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya, dalam bimbingan orangtua (Pasal 6).

d. Setiap anak berhak untuk mengetahui orangtuanya, dibesarkan dan diasuh oleh orangtuanya, apabila orangtua tidak dapat menjamin tumbuh kembang anak atau anak tersebut terlantar maka anak tersebut berhak diasuh atau diangkat sebagai anak asuh oleh orang lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan (Pasal 7).

e. Setiap anak berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, spiritual, dan sosial (Pasal 8).

f. Setiap anak berhak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran, dan anak cacat pun mempunayi hak yang sama dengan anak biasa dalam memperoleh pendidikan (Pasal 90.

g. Setiap anak berhak menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima, mencari, dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan (Pasal 10).

h. Setiap anak berhak untuk beristirahat dan memanfaatkan waktu luang, bergaul dengan anak yang sebaya, bermain, berekreasi, dan berkreasi sesuai dengan minat, bakat, dan tingkat kecerdasannya demi perkembangan diri (Pasal 11).

i. Setiap anak yang menyandang cacat berhak memperoleh rehabilitasi, bantuan sosial, dan pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial (Pasal 12).

j. Setiap anak berhak mendapatkan perlindungandari perlakuan diskriminasi, eksploitasi baik ekonomimaupun seksual, penelantaran, kekejaman, kekerasan, penganiayaan, ketidakadilan, dan perlakuan salah lainnya (Pasal 13).

k. Setiap anak berhak untuk
diasuh oleh orang tuanya sendiri (Pasal 14).
l. Setiap anak berhak untuk
mendapatkan perlindungan dari penyalahgunaan dalam kegiatan politik, pelibatan dalam sengketa bersenjata, pelibatan dalam kerusuhan sosial, pelibatan dalam peristiwa yang mengandung unsur kekerasan, pelibatan dalam peperangan (Pasal 15).
m. Setiap anak berhak atas perlindungan hukum dari tindakan penyiksaan atau penjatuhan hukuman yang tidak manusiawi, berhakuntuk memeperoleh kebebasan sesuai dengan hukum (Pasal 16).
n. Setiap anak yang dirampas kebebasannya berhak memperoleh perlakuan yang manusiawi dan dipisahkan dari orang dewasa, berhak memperoleh bantuan hukum, dan yang menjadi korban kekerasan seksual atau yang berhadapan dengan hukum berhak untuk namanya dirahasiakan (Pasal 17).

 

2. Kebutuhan Anak

Sebagai orangtua, kita harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan anak. Keinginan hanya sesuatu yang memenuhi hasrat anak. Tidak harus dipenuhi. Bahkan anak harus belajar memilih mana keinginan yang sesuai kebutuhan, mana yang tidak sesuai kebutuhannya. Misalnya anak ingin sepatu bermerek mahal, sementara ia hanya butuh sepatu untuk kesekolah saja yang tidak perlu mahal. Atau anak ingin minta handphone (HP)/gadget padahal usianya masih belum cukup aman untuk punya hp sendiri dan belum ada kebutuhan untuk menggunakan HP. Hanya untuk senang-senang. Maka keinginan yang seperti ini tidak harus diberikan.

Sedangkan kebutuhan adalah semua yang diperlukan anak untuk tumbuh kembangnya, yaitu kebutuhan :

a. makanan, pakaian, tempat tinggal yang memberi rasa aman, nyaman dan diperlukan untuk tumbuh kembang anak
b. Dicintai, disayang dan
diperhatikan
c. Diterima dirinya apa adanya, dimengerti perasaannya

d. Diajak bicara, diberi kesempatan untuk bicara, menyampaikan perasaan dan pendapatnya
e. Diberi kesempatan untuk mencapai citacitanya, menunjukkan kemampuannya
f. Diajarkan keimanan agar mengenal dan merasa dekat dengan Sang Pencipta.

Untuk menjalankan peran dan tanggang jawab orangtua itu maka kesiapan yang harus dimiliki orangtua adalah :

a. Rasa Syukur dan beriman dengan Sang Pencipta

b. Bersabar

c. Ilmu Pengasuhan

d. Kesehatan

e. Rukun dan harmonis