Rangkuman

rANGKUMAN

Materi

Peran orangtua

Meskipun seharusnya yang bertanggung jawab merawat dan mengasuh anak usia 6-10 tahun ini adalah orangtua kandung, namun mungkin tidak semua anak beruntung mendapatkannya. Sehinggga perlu di perkuat agar siapapun yang mendapat tugas merawat anak usia 6-10 tahun ini seharusnya dapat memberikan pengasuhan yang benar karena anak di usia ini masih membutuhkan kasih sayang dan bimbingan yang baik untuk perkembangan selanjutnya.

Kebutuhan anak

Sebagai orangtua, kita harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan anak. Keinginan hanya sesuatu yang memenuhi hasrat anak. Tidak harus dipenuhi. Bahkan anak harus belajar memilih mana keinginan yang sesuai kebutuhan, mana yang tidak sesuai kebutuhannya. Misalnya anak ingin sepatu bermerek mahal, sementara ia hanya butuh sepatu untuk kesekolah saja yang tidak perlu mahal. Atau anak ingin minta handphone (HP)/gadget padahal usianya masih belum cukup aman untuk punya hp sendiri dan belum ada kebutuhan untuk menggunakan HP. Hanya untuk senang-senang. Maka keinginan yang seperti ini tidak harus diberikan.

Orangtua?

Orangtua kandung yang melahirkan langsung, tetapi juga : - Orangtua angkat yang mengadopsi atau mengangkat anak - Orangtua asuh, yaitu yang mengasuh dan merawat anak - Orangtua wali, yang mewakili/dititipi anak

UU Perlindungan anak

UU RI No 35 tahun 2014 tentang Perlindungan anak

Kesiapan yang Harus Dimiliki

a. Rasa Syukur dan beriman dengan Sang Pencipta b. Bersabar c. Ilmu Pengasuhan d. Kesehatan e. Rukun dan harmonis

Mengenal Perkembangan Anak Usia 6-10 tahun

Anak usia 6-10 tahun sering juga disebut anak usia sekolah dasar (SD) awal atau kelas rendah (kelas 1-4 SD). Di usia ini anak mengalami perkembangan yang berbeda dengan usia dibawahnya, terutama kemampuan gerak dan bahasanya. Anak lebih gesit dan lincah bergerak juga sudah dapat bicara dengan lancar. Kemampuan berpikir juga berkembang pesat seiring dengan pembelajaran yang mereka dapatkan di sekolah dan di rumah.
Ciri-ciri/Perilakuistik Anak Usia 6-10 tahun
Selain mengenali ciri ciri/karakteristik anak sesuai usianya, orangtua juga harus mengetahui tugas-tugas perkembangan, yakni kemampuan yang harus mereka pelajari di usia ini untuk mencapai usia selanjutnya. Dengan mengetahui tugas perkembangan yang harus dicapai, orangtua dapat memberi kegiatan yang dapat membantu anak untuk bisa melakukan apa yang seharusnya. Bila anak dapat menguasai tugas perkembangan sesuai usianya maka akan memudahkan untuk melampaui perkembangan di usia selanjutnya.
Tugas Perkembangan