Pendahuluan

Petunjuk Belajar

Sebaiknya Anda membaca dan mencermati petunjuk belajar berikut ini, agar pembelajaran dapat berjalan sesuai tujuannya. Selamat belajar….

Bacalah tujuan pembelajaran terlebih dahulu.

Belajarlah sesuai urutan materi yang tersedia.

Peserta diberi kebebasan waktu dalam mengelola waktu pembelajaran.

Peserta diharapkan dapat menyelesaikan materi secara tuntas.

Ikutilah petunjuk selama pembelajaran.

Lakukan evaluasi berupa quiz.

Gambaran Umum

Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat memiliki peran dan tanggung jawab dalam pemenuhan hak anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal dengan memenuhi kebutuhan dasar anak yaitu Asah (kebutuhan akan stimulasi tumbuh kembang), Asih (kebutuhan kasih sayang/ emosional) dan Asuh (kebutuhan akan biomedis).

Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia harus dilakukan secara berkesinambungan melalui pendekatan siklus hidup manusia, yang dimulai dari sejak janin dalam kandungan sampai lanjut usia. Dari seluruh siklus kehidupan, tahap yang sangat penting adalah 1000 hari pertama kehidupan yaitu tahap
janin sampai anak berusia 2 tahun.

Pengasuhan anak oleh orangtua merupakan cara terbaik untuk membangun karakter anak sejak dini. Karena itu, para orangtua harus membekali diri dengan mempelajari bagaimana menerapkan pengasuhan yang baik dalam membina tumbuh kembang anak.

Menjadi Orangtua Hebat dalam Mengasuh Anak  usia 6-10 tahun penting juga untuk diperhatikan. Dimana umumnya di usia tersebut Anak sudah memasuki usia sekolah, di harapkan anak mampu memiliki keterampilan membaca, menulis dan berhitung, serta kemandirian dan kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Oleh karena itu peran Orangtua dalam mengasuh Anak di usia sekolah ini perlu di tingkatkan tentang pengetahuan dan keterampilan orangtua dalam membina, mendidik dan mengasuh Anak di usia 6-10 tahun. Untuk membantu memaksimalkan tumbuh kembang anak. Dalam hal ini peran orangtua dalam membantu, membimbing dan membina tumbuh kembang anak usia 6-10 tahun bertujuan untuk membentuk generasi yang tangguh, kokoh dan memiliki kepribadian baik akan mudah terwujud. Banyaknya kegagalan dalam pengasuhan anak, bukan karena kurangnya kasih sayang orangtua pada anak, melainkan karena sebagian orangtua tidak tahu bagaimana cara mengasuh yang baik dan benar.

Orangtua adalah orang yang mempunyai peranan penting dalam anak. Untuk menjadi orangtua yang hebat tentunya tidaklah mudah. Tidak ada kelas khusus secara formal bagi orangtua untuk mendidik dan membesarkan anak-anaknya.

Dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua dalam mengasuh anak dengan cara menerapkan 8 fungsi keluarga. Penanaman nilai-nilai karakter manusia : “integritas, etos kerja, dan gotong royong” melalui revolusi mental dengan komunikasi segitiga yaitu dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri dan manusia lain, hendaknya menjadi kunci utama membangun generasi emas di masa yang akan datang. Terus kita terapkan revolusi mental berbasis Pancasila dimulai dari keluarga

Keluarga

Tempat untuk asah, asih, asuh antara orangtua dan anak.

Keterlibatan ayah

Seorang ayah berperan untuk tumbuh kembang anak.

pengasuhan bunda

Pengasuhan diawali dari janin bayi dalam perut bunda…

Sumber: 

BKKBN. (2017). Bahan Penyuluhan Bina Keluarga Balita dan Anak: Menjadi Orangtua Hebat dalam Mengasuh Anak Usia 6-10 Tahun. Jakarta: BKKBN.